Rabu, 06 Maret 2013

BUTUH TEMAN -___-"

Hay blog, rasanya udah lama ga nulis disini.... hehehe
okaaay, kali ini saya akan sedikit bercerita mengenai apapun yang mau diceritakan hahaha. tau temen? apa deh artinya temen? maknanya temen? punya temen? pentingnya temen? rasanya punya temen? atau bahkan rasanya ngga punya temen?
Dunia kuliah mungkin ga seasik dunia SMA, yaa walopun mungkin ketika SMA dulu abu-abu ngga colorfull gitu deh. setidaknya punya temen, bahkan sahabat, yang jelas dateng ngga cuma pas butuhnya aja. saya rasa memang ada yang salah dengan saya, sampe-sampe di kelas pas kuliah tuh rasanya ngga punya temen -__________-, ok di fix-in lagi. Maksudnya, dikelas (tempat di mana saya menuntut ilmu di universitas) itu kondisinya gini : A ya mainnya sama anak-anak kelompok A, B ya mainnya sama anak-anak kelompok B, dan begitu seterusnya. Dan sepertinya yang ngga punya kelompok di kelas itu cuma saya. AFINY -_____-" sediiiiiiiiiiiihhhh deh rasanya. Punya temen, hanya sekadar kenal. memang jelas ada yang baik itu absolutely yes, ngga mungkin dong di satu kelas masa iya isinya orang ngga baik semua hmm. dan saya juga sering meminta pertolongan teman-teman yang ada dikelas. Tapi kenapa ngga bisa gabung sama mereka????? :"""""""""((((( emot nangis lebay.

Saya bisa bersosialisasi, saya bisa berteman dengan kalian semua, dan saya bisa menjadi sahabat kalian semua, tapi apa yang salah dengan saya ketika saya tidak bisa itu semua??? Ya Allah, awan di Bandung lagi mendung semendung hati aku yang ngga punya temen di kelas :(((. mungkin saya ngga asik kali ya, jadi ngga ada yang mau jadi temen deket deh hmm Fix itu jawabannya -_____-
Orang yang dateng ketika cuma pinjem jurnal, orang yang dateng ketika cuma pinjem catetan, orang yang  cuma dateng ketika nitip barang karna kosan saya yang deket sama kampus. apa itu temen? yang dateng cuma butuh? ya jawab aja dalem hati deh :)


I need you damn so much more friends. Alah lebay kan. ya iyalaaaaah. mau temen deket ya Allah :'(
Mau kaya SMA yang punya banyak temen bahkan sahabat, dan bisa bergaul sama siapa aja. sebenernya sama aja si bisa bergaul sama siapa aja dikampus juga. Tapi kenapa ngga bisa punya koloniiiiiiii huuuuu.
anggaplah diri kamu spesial finy, makanya ngga bisa punya kelompok dengan mudah. iiii kalo gitu si simbong namanya. astaghfirullahaladzim. saya bukan orang yang pilih-pilih ko, ayooo siapa yang mau jadi temen deket akuuuu??? pasti ada, mungkin Allah belom ngasih aja kali ya :). Setidaknya, saya punya sahabat yang pernah saya tulisk di cerita sebelumnya :) tapi vetty sibuk huks. dan orang yang saya harapkan tidak sibuk nyatanya jauuuuh lebih sibuuuk, sampe-sampe mau crita aja susah pake banget pangkat banyak tak terhingga rasanya hahaha. tapi yauda, semoga sukses untuk yang sibuk :) aminyaRobbal'alamin hehe.


Butuh teman….
Butuh teman….
Butuh teman….
Butuh teman….
Butuh teman….

Catatan: Maaf ya kalo alay -____-“



Selasa, 05 Maret 2013

MODEL PENGEMBANGAN DAN ORGANISASI KURIKULUM



Sebelum menjelaskan model-model pengembangan kurikulum, penting sekali mengetahui definisi model terlebih dahulu. Model adalah contoh, acuan, atau ragam dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan. Pemilihan suatu model pengembangan kurikulum tidak hanya didasarkan pada kelebihan dan kebaikannya saja, tetapi juga ketercapaian kurikulum yang optimal serta disesuaikan dengan sistem pendidikan dan sistem pengelolaan pendidikan yang tepat.
Model pengembangan kurikulum merupakan suatu alternative prosedur dalam rangka mendesain (designing), menerapkan (implementation), dan mengevaluasi (evaluation) suatu kurikulum. Oleh karena itu, model pengembangan kurikulum harus dapat menggambarkan suatu proses sistem pembelajaran yang dapat memebuhi berbagai kebutuhan dan standar keberhasilan pendidikan. Dalam bahasan ini, yang dimaksud dengan model pengembangan kurikulum sebenarnya adalah langkah atau prosedur sistematis dalam proses penyusunan suatu kurikulum. Pengertian ini senada dengan pengertian model sebagai acuan untuk mengembangkan kurikulum.
Banyak sekali model pengembangan kurikulum yang ada, mulai dari model Tyler, Administratif, Grassroot, Demonstrasi, Seller dan Miller, Taba, dan model Beauchamp.
§   Model Tyler
Menurut Tyler ada empat tahap yang harus dilakukan dalam pengembangan kurikulum, yang meliputi:
1.      Menentukan tujuan pendidikan
Dalam penyusunan suatu kurikulum, merumuskan tujuan merupakan langkah pertama dan utama yang harus dikerjakan. Sebab, tujuan merupakan arah atau sasaran pendidikan.
2.      Menentukan proses pembelajaran
Salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam penentuan proses pembelajaran adalah persepsi dan latar belakang kemampuan peserta didik. Artinya, pengalaman yang sudah dimiliki siswa harus menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan proses pembelajaran selanjutnya.
3.      Menentukan organisasi pengalaman belajar.
Pengalaman belajar di dalamnya mencakup tahapan-tahapan belajar dan isi, atau materi belajar.
4.      Menentukan evaluasi pembelajaran.
Jenis penilaian yang akan digunakan, harus disesuaikan dengan jenis dan sifat dari tujuan pendidikan atau pembelajaran, materi pembelajaran, dan proses belajar  yang telah ditetapkan sebelumnya.